Sepertinya, kemana aja kita browsing di internet, kita hampir selalu menemukan tulisan-tulisan tentang blogging, blog, blogosphere, blogger, atau mungkin blogstorm. Pernah nggak terpikir, “Apa sih yang dibincangkan di dalamnya?”

Jika pernah, pernah nggak terpikir untuk mencoba menulis di blog?

Di negara-negara maju, media masa dan elektronik bahkan membahas efek yang sangat terasa dari aktifitas blog terhadap budaya saat ini. Blog telah menjadi media dimana orang-orang membincangkan banyak hal, mulai dari topik rumahan seperti berkebun, memasak sampai video game.

Tapi jangan salah, blog nggak hanya membahas hal-hal yang biasa. Mungkin nggak pernah terpikir oleh kita, kalau blog juga bahkan memberikan informasi terbaik dan terakurat mengenai perang Irak. Dan informasi itu ditulis oleh orang yang berkutat di dalamnya. Dan, blog menjadi tempat pertama mereka untuk secara langsung berbagi berita kepada dunia.

Ok, sekarang kembali ke bahasan awal.

Apa alasan Anda menulis di Blog?

Mungkin anda pernah dengar, beberapa blogger dapat menghasilkan bisnis jutaan dolar dari blog mereka. Barangkali aja anda juga mau kecipratan? Siapa sih yang mau menolak? Yang perlu anda lakukan adalah mulailah dari blog gratisan, tulislah beberapa posting dan selanjutnya anda dapat menghirup udara pantai Kuta di Bali atau pantai Senggigi di Lombok.

Ya, iyalaah nggak se-instan itu

Tapi bener loh, banyak orang yang sudah sukses dengan blog mereka, dan nggak ada alasan buat anda untuk mengatakan anda tidak menginginkannya, tapi sayangnya… keberuntungan yang mereka raih nggak mesti ‘nyangkut’ juga pada anda. Di bulan Juni 2007, technorati mendata ada 70-an juta blog (dan terus bertambah setiap hari) dan tanpa usaha yang SUNGUNG-SUNGGUH dan dedikasi (ditambah sedikit peruntungan) kemungkinan besar blog anda nggak akan pernah mencapai level sukses seperti blogger kelas atas.

Saya nggak bermaksud melemahkan keinginan anda untuk menulis di blog. Saya hanya mencoba meningatkan bahwa it`s not a one-way-ticket to the good life (Dangduter bilang, “Banyak jalan menuju Roma alias kesuksesan hidup.”).

Saya yakin sebagian blogger memulai aktifitas blogging mereka dengan gambaran awal kesuksesan yang telah diraih blogger lainnya. Ada yang mulai merasakan hasilnya dan ada pula yang mulai merasa kebingungan. Ya, kebingungan karena dijejali oleh berbagai panduan dan tips menghasilkan uang dari blog. Berbagai cara diikuti, belum selesai yang satu sudah mencoba yang lain. Walhasil, mereka melakukan apa yang dituliskan oleh orang-orang sukses itu, tapi “they don’t get the point” (mereka belum mendapatkan point pentingnya). Akhirnya, kebingungan membuat patah semangat. Berhenti dech nge-blognya…

Menulis di blog nggak semata-mata tentang meraup dollar dan rupiah, lebih dari itu menulis di blog adalah petualangan yang menarik. Bagian yang paling menggembirakan dari blogging ialah setiap orang dapat melakukannya! Aturan menulis di blog tidak diukir di atas batu. Memiliki kemampuan dasar menulis dan kesadaran atas etika umum sangat disarankan untuk memulai menulis di blog, tapi tidak mutlak. Loh, koq? Hmm,, Karena anda dapat menulis apa saja sekehendak hati, itulah yang menjadi keunikan blog. Dan inilah salah satu alasan utama orang-orang menulis di blog. Mereka bebas mengekspresikan isi hati dan pikiran mereka. Tentunya, blogger yang baik akan mempertimbangkan feedback berupa komentar-komentar dari pengunjung blognya. Baik itu, dalam materi posting maupun dalam cara penyajian.

Satu lagi hal yang luar biasa dari blog, ada proses dialektika (waduh.. rada filosofis sedikit nih) yang terjadi dalam aktifitas blogging. Baik itu antara blogger dengan pembacanya, maupun blogger dengan dirinya sendiri.

Sepertinya, lebih baik lagi kalau anda mengetahui apa saja alasan-alasan orang nge-blog.

Orang Menulis di Blog untuk mendapatkan uang

Bener loh, kalo blog itu dapat menjadi sumber penghasilan. Ada beberapa cara menghasilkan uang dari blogging. Ada Pay-per-click (PPC), layanan periklanan yang membayar anggotanya untuk melihat iklan dengan cara meng-kliknya (ya,, anda dibayar hanya dengan melakukan klik pada iklan yang mereka tampilkan). Ada bisnis review, dimana anda dibayar jika membuat review atas suatu produk. Jika anda cukup berambisi, anda dapat menulis e-book dan mempromosikannya melalui blog anda. Dan masih segudang lagi model bisnis yang melibatkan blog.

Orang menulis di blog untuk mendapatkan kesempatan karir yang baru

Blogging merupakan cara yang sangat baik untuk mempraktikkan kemampuan menulis dan menunjukkan contoh-contoh tulisan (jika anda ingin menjadi penulis profesional) atau menunjukkan keterampilan seni dan desain (jika anda ingin menjadi seniman atau desainer profesional). Karena saat ini, blog dapat dikombinasikan dengan website yang menyediakan layanan gratis penyimpanan foto online.
Orang menulis di blog untuk berbagi hobi dengan dunia

Apakah anda seorang fan klub sepakbola atau fan seorang artis, jika anda memiliki hobi maka anda tentunya sudah punya ide apa yang akan ditulis di blog. Anda dapat mencoba menyajikan berita dan informasi terbaru mengenai topik yang fokuskan, atau anda bercita-cita ingin menjadi ahli yang dirujuk oleh orang-orang lain yang memiliki kesamaan hobi.

Orang menulis di blog untuk mendokumentasikan kehidupan mereka

Blog tidak hanya dapat menjadi diary online tempat kita berbagi dengan orang-orang. Blog juga dapat menjadi sarana untuk mendokumentasikan kehidupan kita. Perjalanan ke suatu tempat wisata, momen penting dalam hidup, perkembangan anak-anak, atau lainnya.

Nah, sekarang anda sudah paham apa itu blog dan mengapa anda sebaiknya menulis di blog. Langkah berikutnya adalah.. mulailah blogging! Apapun yang anda putuskan tentang blog anda, ingat kemungkinan-kemungkinan adalah kebenaran yang tak berakhir. So, jangan pernah bilang nggak mungkin!

0 comments