Untuk menjadi seorang pengusaha handal anda tidak cukup hanya dengan bermodalkan uang dan pengetahuan tentang bisnis saja, tetapi anda juga harus memiliki karakter yang akan mendukung perkembangan usaha anda nantinya. Sekarang yang menjadi persoalan adalah apakah anda telah memiliki karakteristik-karakteristik seorang pengusaha sebelum anda mulai memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha.

1. Komitmen
Seorang pengusaha sukses memiliki komitmen yang besar terhadap bisnisnya. Simpel tetapi sulit dalam prakteknya. Jika anda berencana memiliki bisnis sendiri, anda harus memperkuat komitmen anda dan siap dengan segala resikonya, karena tidak satupun bisnis di dunia ini yang tidak beresiko. Tetapi jangan pusing karena resiko yang mungkin timbul dapat anda perhitungkan dan siasati sebelumnya.

2. Sikap Optimis
Tidak semua orang optimis adalah pengusaha, tetapi hampir semua pengusaha adalah orang-orang yang optimis. Setiap pengusaha biasanya memiliki kemampuan melihat kesempatan positif dari suatu tantangan situasi. Tanpa sikap optimistis, maka akan sulit bertahan pada masa-masa sulit dan mengembangkan bisnis.

3. Pandai membuat keputusan
Keputusan berarti komitmen. Keputusan yang salah bisa mengarah pada masalah. Memiliki sebuah bisnis, khususnya yang modalnya tidak besar, berarti harus siap membuat keputusan dengan market research terbatas dan informasi yang kurang lengkap.

4. Berani berspekulasi
Memenuhi kebutuhan keuangan untuk bisnis tidaklah mudah dan perlu pengorbanan pribadi. Anda juga harus siap jika ternyata ada yang tidak berjalan sesuai rencana. Nah, apakah anda sanggup menyokong kelangsungan business plan agar bisnis anda tetap bertahan?

5. Senang menjual
Dalam bisnis, penjualan adalah bagian alami dari segala pekerjaan. Sebagai seorang pengusaha, pekerjaan anda adalah ‘menjual’. Menjual produk anda, visi perusahaan dan diri anda sendiri. Anda harus melakukan ini setiap hari, dalam setiap waktu. Jika anda menikmatinya, anda memang seorang pengusaha sejati.

0 comments